Panduan Menggunakan Suspender Pria

Suspender pria adalah sebuah aksesoris yang memiliki fungsi sebagaimana sebuah ikat pinggang, yaitu agar celana yang digunakan tidak melorot. Jika celana yang Anda gunakan tidak sesuai dengan ukuran pinggang Anda, maka Anda akan kesulitan menjaga agar tetap pas dan nyaman sepanjang hari.

Suspender adalah aksesoris klasik yang tidak pernah tampak ketinggalan zaman. Suspender adalah aksesoris yang berhasil memberikan alternatif yang membuat penampilan Anda menjadi lebih stylish serta menjaga celana Anda tetap pada posisinya.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan suspender pria, berikut adalah panduan lengkap utnuk Anda:

Terdapat berbagai tips memakai suspender pria yang benar

Memilih Jenis Suspender Pria yang Tepat

Sebelum membahas cara memakai suspender, ada baiknya Anda memiliki gambaran tentang jenis-jenis suspender yang ditawarkan.

Suspender Klip dan Suspender Kancing

Suspender klip menempel pada celana pendek atau celana panjang Anda dengan bantuan klip. Keuntungan utama dari suspender ini adalah fleksibilitasnya, karena Anda dapat memakainya dengan hampir semua celana.

Jadi, jika Anda lebih suka pakaian kasual, suspender klip sangat ideal karena cocok dengan jeans, celana pendek, dan gaya fashion lainnya.

Untuk menempelkan suspender klip ke celana Anda, mulai dari belakang dengan mengklip di tengah pinggang belakang celana. Setelah itu, tarik suspender ke atas bahu ke depan sebelum menempelkan klip yang tersisa ke pinggang depan Anda.

Sedangkan suspender kancing umum digunakan pada pakaian formal dan dilengkapi dengan kancing untuk mengencangkannya ke celana Anda. Anda hanya bisa menggunakan suspender kancing dengan jeans atau celana panjang yang memiliki kancing tersembunyi di sepanjang pinggang. Jika celana Anda tidak memiliki kancing-kancing tersebut, Anda harus menambahkannya terlebih dahulu.

Suspender Y dan X

Suspender dapatmembentuk bentuk X atau Y di bagian belakang. Suspender bentuk X, tali bertemu di tengah punggung Anda, di mana mereka bersilang sebelum bertemu di ujung yang berlawanan di belakang celana Anda. Biasanya, suspender bentuk X bertemu di dua titik di belakang celana Anda. Jadi, Anda perlu memasang suspender di empat titik celana yang berbeda (dua di belakang dan dua di depan).

Sedangkan suspender bentuk Y, tali juga bertemu di tengah punggung Anda, tetapi bukan bersilang dan menuju ke dua titik yang berbeda pada celana Anda. Tali kemudian berkumpul menjadi satu tali sebelum turun ke pusat punggung Anda dan bertemu di satu titik di bagian belakang celana Anda.

Saat memilih antara suspender X dan Y, pertimbangan utama Anda haruslah estetika gaya masing-masing suspender. Suspender bentuk Y sering dianggap lebih modern dan formal. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak dukungan untuk mempertahankan posisi celana Anda, suspender bentuk X adalah pilihan yang lebih baik.

Suspender Skinny dan Wide

Ukuran lebar suspender juga menjadi hal yang penting. Ukuran lebar dapat sangat mempengaruhi penampilan Anda. Aturan dasarnya, semakin kurus suspender maka akan semakin kasual penampilan keseluruhannya. Sebaliknya, suspender yang lebih lebar memiliki tampilan yang lebih formal dan klasik.

Suspender skinny lebih baik digunakan dengan jeans, atau chinos, dengan kaos dan sweater slim-fit. Anda bisa memakainya pada makan malam malam kencan, malam keluar, atau bahkan dengan pakaian kantor kasual Sedangkan suspender yang lebi lebar dapat digunakan dengan kemeja, celana panjang, setelan, atau bahkan tuksedo.

Pelajari cara menggunakannya dengan benar

Cara Menggunakan Suspender Pria

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan suspender pria. Berikut adalah tips cara menggunakan suspender agar Anda tidak salah dalam pemakaiannya. Simak tips berikut ini: 

Sesuaikan dengan Pakaian

Untuk mencapai tampilan yang diinginkan, pastikan suspender yang digunakan sesuai dengan pakaian Anda pada hari itu. Khususnya, Anda harus berusaha menyesuaikan bahan, pola, dan warna suspender serta dasi Anda untuk mencapai tampilan yang diinginkan.

Jika Anda ingin menggunakan dasi, maka pilih dasi kupu-kupu, dasi ramping, atau tanpa dasi sama sekali. Hindari dasi yang lebih lebar karena akan menarik perhatian lebih banyak dari suspender dan mengacaukan proporsi pakaian.

Jangan Gunakan Sabuk

Kesalahan terbesar memakai suspender dan sabuk secara bersamaan, karena keduanya memiliki tujuan yang sama. Anda harus selalu memakai suspender pada pinggang yang polos, dan jangan pernah menggunakan suspender bersamaan dengan sabuk. Jika Anda ingin menggunakan suspender, maka Anda sabuk sudah tidak Anda perlukan lagi.

Pilih Ukuran yang Tepat

Selalu perhatikan panjang dan lebar sebuah suspender. Pilihlah ukuran yang nyaman serta pas di atas tubuh dan bahu Anda. Untuk pemilihan suspender skinny atau yang lebar, Itu semua tergantung pada apakah Anda menginginkan tampilan kasual atau formal.

Jika Anda tidak suka menggunakan sabuk, memilih untuk memakai suspender adalah pilihan ideal untuk menjaga celana Anda tetap nyaman dan tidak melorot. Namun, ada banyak yang perlu Anda ketahui tentang suspender pria. Pelajari apa itu suspender dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar agar dapat membantu Anda mencapai tampilan yang diinginkan.