Bespoke Suiting: All You Need to Know

Dalam dunia fashion pria, jas Bespoke merupakan tingkatan tertinggi dari gaya personal. Tidak seperti jas pada umumnya, Bespoke merupakan jas yang dibuat dan dipersonalisasi sesuai dengan individu sehingga memiliki keunikan tersendiri.

Penggunaan bahan dengan kualitas terbaik dan dijahit secara presisi, menciptakan harmoni antara keanggunan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Dalam artikel Henriwinata kali ini, kami akan membahas secara lengkap jas Bespoke, sebuah karya seni pakaian yang disesuaikan sepenuhnya dengan tubuh dan selera setiap pria.

Apa Itu Jas Bespoke?

Bespoke, warisan elegansi mode pria yang mengalir sejak akhir abad ke-18, menjadi simbol pilihan terbaik bagi para pria yang menghargai keanggunan dan kelas. Mulai dari Domenico Caraceni di Italia hingga Gieves & Hawkes di Savile Row, para pria berjiwa kelas dunia memahami bahwa Bespoke adalah ajaran fashion yang tak tertandingi.

Jas bespoke adalah karya seni pakaian yang mengikuti jejak tubuh dan disesuaikan dengan proporsi tubuh Anda dengan presisi yang luar biasa. Setiap jahitan disulam dengan penuh kepribadian, menciptakan karya yang sepenuhnya disesuaikan dengan gaya hidup dan preferensi Anda. Dari tahap perancangan awal hingga penyelesaian akhir, jas Bespoke melibatkan proses penataan yang teliti, meyakinkan bahwa setiap inci pakaian memberikan kesempurnaan yang tak tertandingi.

Diciptakan secara khusus, jas Bespoke bukan hanya sekadar pakaian; melainkan perwakilan visual dari keanggunan dan kecanggihan yang Anda perjuangkan. Sekali Anda mencoba, Anda akan mengalami transformasi yang tak terlupakan – meninggalkan jas tailor konvensional menjadi kenangan, karena jas Bespoke tidak sekadar pakaian, melainkan pernyataan tentang keunikan dan kelas yang Anda miliki.

Bagaimana Proses Pembuatan Jas Bespoke?

Proses pembuatan jas Bespoke harus melewati beragam prosedur yang teliti dan cermat sebelum akhirnya menciptakan jas dengan kualitas terbaik. Berikut adalah penjelasan bagaimana proses pembuatan jas Bespoke yang umum:

1. Konsultasi

Dalam tahap awal ini, Anda diundang untuk berkonsultasi secara langsung dengan penjahit jas Bespoke secara eksklusif . Hal ini bertujuan untuk memahami sepenuhnya keinginan serta preferensi client, sehingga hal ini menjadi kesempatan berharga bagi penjahit jas Bespoke.

Melalui dialog mendalam, para penjahit jas Bespoke berharap dapat memahami dan menggali wawasan secara menyeluruh mengenai gaya, spesifikasi, dan detail-detail unik yang ingin ditonjolkan oleh client dalam setiap serat kain jas Bespoke.

2. Pemesanan Bahan Pakaian

Langkah berikutnya dalam proses pembuatan jas Bespoke adalah memperoleh bahan-bahan premium dengan kualitas terbaik. Untuk memenuhi standar eksklusif ini, penjahit Bespoke akan memesan kain 100% bahan alami yang berkualitas tinggi secara langsung dari pemasok terkemuka seperti di Italia, Inggris, dan Jepang.

Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh bahan yang digunakan nantinya merupakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan terbaik untuk memaksimalkan hasil sebuah jas Bespoke.

3. Membuat Pola Jas Bespoke

Setelah menerima bahan-bahan berkualitas, tahap berikutnya adalah membuat pola yang sangat teliti dengan standar desain yang telah ditetapkan. Pola-pola ini tidak hanya menjadi panduan utama untuk proses pemotongan dan penjahitan berikutnya, tetapi juga mewakili seni blueprint yang esensial bagi kesempurnaan produk jas bespoke terhadap masing-masing tubuh pemakainya.

Proses ini menjadi fondasi utama yang melandasi kelancaran dan efisiensi produksi akhir. Para penjahit Bespoke meyakini bahwa client dapat menghargai jas Bespoke tidak hanya kualitas tinggi dalam kain, tetapi juga keunggulan dalam setiap tahapan produksi yang dilakukan dengan ketelitian dan keahlian yang luar biasa.

4. Proses Pemotongan Kain

Setelah menyelesaikan pembuatan pola, langkah berikutnya adalah pemotongan kain jas yang dilakukan dengan secara teliti dan presisi. Pemotongan ini dilakukan sesuai dengan paper pattern yang telah dibuat pada tahap sebelumnya dengan teliti.

5. Menjahit dengan Tangan

Langkah berikutnya setelah dilakukan pemotongan kain adalah proses penjahitan secara manual dengan tangan. Hal ini dilakukan karena dalam proses pembuatan jas Bespoke tidak hanya mengandalkan mesin dan peralatan sejenisnya, namun juga keterampilan para penjahit jas Bespoke. Dalam proses ini, para penjahit akan menjahit canvas atau bulu kuda ke bahan jas yang akan digunakan sebagai pemberi struktur pada jas Bespoke.

6. Fitting Pertama / Raw Fitting

Pada tahap ini, client akan mencoba jas tersebut untuk memastikan ukuran dan bentuknya yang sesuai dengan tubuh dan proses penyelesaian jas masih dalam tahap 20% (belum ada kantong dan kancing, dan Anda masih dapat melihat canvas di dalam jas). Dengan begitu, pada tahap ini banyak penyesuaian yang masih bisa dilakukan, seperti: pemilihan bentuk lapel jas, memperbesar dan memperkecil jas, memanjangkan dan memendekkan jas, serta penentuan letak dan bentuk kantong jas.

7. Bongkar dan Modifikasi

Setelah melihat hasil raw fitting, penjahit jas Bespoke akan membongkar dan memodifikasi jas sesuai dengan hasil pengataman dari proses raw fitting. Penyesuaian yang detail akan dilakukan secara menyeluruh sesuai dengan preferensi klien pada tahap sebelumnya.

Pendekatan ini merupakan sebuah komitmen para penjahit jas Bespoke untuk menghasilkan jas yang memiliki kenyamanan dan gaya yang paling optimal dari segala sisi.

8. Menjahit dengan Mesin

Pada tahap ini, proses penjahitan dilakukan menggunakan mesin yang sangat presisi. Perubahan-perubahan penting banyak dilakukan sesuai dengan data dan pengamatan dari proses raw fitting. Selain itu, pada tahap ini jas Bespoke mengalami perkembangan transformatif, mencapai penyelesaian 90%.

9. Pre-Final Fitting

Sebelum memasuki tahapan akhir, maka akan dilakukan tahap pre-final fitting guna memastikan serangkaian pemeriksaan yang teliti apakah jas tersebut telah dirancang sesuai dengan spesifikasi dan keinginan client atau belum. Pada tahapan ini secara keseluruhan suit Anda sudah selesai 90%, hanya belum ada kancing dan lubang kancing. Hal ini bertujuan untuk penyesuaian lainnya seperti: memanjangkan dan memendekkan jas dan menentukan posisi kancing secara tepat.

10. Perubahan Kecil

Selama tahap ini, akan dilakukan penyesuaian kecil yang diperlukan, sekaligus pemasangan kancing dan pembuatan lubang kancing. Fokus utama pada tahap ini adalah untuk menyempurnakan jas agar memenuhi spesifikasi dan keinginan client sepenuhnya.

11. Final Fitting

Setelah memastikan semua proses diselesaikan dengan tuntas, maka tahap selanjutnya adalah final fitting, yaitu memastikan untuk terakhir kali bahwa jas bespoke sudah selesai atau sudah tidak memerlukan perbaikan lagi. Jas Bespoke tentunya dibuat sesuai dengan keinginan dan spesifikasi yang Anda berikan selama proses konsultasi dan fitting. Di tahap ini, semua spesifikasi harus sudah terpenuhi, misalnya Anda meminta barchetta pocket, ticket pocket, jacket cuff, sateen lapel, specific lining, dan lainnya.

Keunggulan Jas Bespoke

Mengenal Jas Bespoke

Pertanyaan yang umum dilayangkan adalah “apa keuntungan membeli jas Bespoke?” “Lalu, mengapa kami harus membayar lebih untuk sebuah jas Bespoke?”. Oleh sebab itu, kami akan menjelaskan beberapa alasan mengapa jas Bespoke berbeda dengan jas tailor biasa dan penting untuk Anda ketahui.

1. Fitting yang Sempurna

Bagi kebanyakan orang, menemukan setelan jas dengan fitting yang sempurna menjadi tantangan. Meskipun pada toko-toko konvensional banyak menyediakan jas yang berkualitas, namun tetap saja seringkali hasilnya belum ideal.

Jas Bespoke merupakan solusi terhadap masalah semacam ini. Ini karena penjahit jas Bespoke akan melakukan pengukuran yang detail hingga 60 titik pengukuran dan observasi mendalam untuk menghasilkan lekukan yang pas dan unik pada setiap klien.

Setiap aspek pola disesuaikan hingga detail terkecil yang menciptakan kesesuaian yang benar-benar sempurna. Seperti memiringkan bahu kiri sedikit lebih tinggi atau menaikkan lubang lengan untuk kenyamanan yang maksimal.

2. Konstruksi yang Berkualitas

Pada jas Bespoke, Anda tidak akan menemukan peleburan atau perekatan kanvas. Kanvas jas yang dijahit dengan tangan di dalamnya memberikan bentuk terbaik dan meningkatkan kenyamanan penggunanya dengan seiring waktu.

Berbeda dengan jas tailor biasa, dimana biasanya menggunakan kain keras atau kain lem (fused) sebagai struktur jasnya, sehingga ketika jas sudah melalui pencucian dry clean beberapa kali, maka kain keras ini akan lepas dari bahan jas yang mengakibatkan timbul gelembung-gelembung udara (blister) pada jas.

Sedangkan, hal tersebut tidak akan terjadi pada jas Bespoke karena penggunaan kanvas sebagai struktur dan fondasi jasnya. Selain itu, jas Bespoke yang baik dilihat dari cutting-annya, dimana jas Bespoke dapat memperlihatkan siluet tubuh Anda secara proporsional tanpa Anda merasa sempit saat memakai jas.

3. Kualitas Kain Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahan-bahan yang digunakan pada jas Bespoke adalah kain dengan kualitas terbaik yang umumnya didapatkan dari Inggris dan Italia. Wool alami memberikan kekuatan dan ketahanan seumur hidup.

Jas Bespoke tidak hanya menutupi tubuh Anda dengan elegan dan indah, tetapi juga menghilangkan kerutan secara alami dan memberikan kenyamanan yang maksimal.

Henri Winata Bespoke: The Real Bespoke in Indonesia

Dalam dunia jas Bespoke, Henri Winata Bespoke telah menjadi salah satu tonggak utama jas Bespoke di Indonesia. Dengan pengalaman bertahun-tahun, Henri Winata tidak hanya menciptakan pakaian, tetapi juga karya seni yang merefleksikan gaya dan kepribadian setiap individu.

Bagi Anda yang menginginkan kesempurnaan setiap inci pada jas Anda, maka Henri Winata Bespoke adalah jawaban utama. Temukan keindahan dan eksklusivitas jas Bespoke di Henri Winata Bespoke.

Untuk informasi pemesanan atau informasi lainnya, silahkan hubungi:

  • Email: admin@henriwinata.com
  • WA: 0811 8886 606 (Jakarta), 0823 6852 8267 (Medan)
  • IG: henriwinata.bespoke