Guide to Choosing Materials for Your Bespoke Suit


Memilih bahan atau kain yang tepat untuk jas bespoke Anda sangatlah penting karena akan mencerminkan gaya dan selera pribadi Anda. Kain tidak hanya mempengaruhi tampilan dan nuansa jas bespoke yang Anda kenakan tetapi juga daya tahan dan kenyamanannya. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda dalam proses pemilihan kain yang paling tepat untuk jas bespoke Anda, sehingga Anda dapat memiliki jas bespoke terbaik yang bisa dikenakan selama bertahun-tahun.

Pertimbangkan Tujuan Penggunaan

Tujuan penggunaan adalah faktor pertama yang harus dipertimbangkan saat memilih kain untuk jas bespoke Anda. Apa tujuan Anda menggunakan jas bespoke? Apakah untuk acara formal seperti pernikahan atau pertemuan bisnis, atau acara santai seperti sekedar berkumpul dengan teman? Acara tersebut akan menentukan tingkat formalitas yang diperlukan dan pilihan kain yang paling sesuai.

Untuk acara yang bersifat formal, kain-kain klasik seperti wol, sutra, atau kashmir sangat ideal karena memiliki tampilan dan nuansa yang mewah. Namun, untuk acara yang cenderung lebih santai, maka Anda bisa memilih kain yang lebih kreatif seperti linen, katun, atau bahkan campuran dengan tenunan atau pola tekstur yang beragam.

Pertimbangkan Kenyamanan

Faktor kenyamanan adalah aspek penting yang juga harus Anda pertimbangkan saat memilih kain untuk jas bespoke Anda. Tentunya Anda ingin memiliki jas bespoke dalam jangka waktu yang lama, sehingga memilih kain yang terlihat bagus dan nyaman di kulit Anda sangatlah penting. Wol adalah pilihan klasik untuk setelan khusus karena teksturnya yang lembut, sirkulasi udara yang baik agar kulit bisa bernapas, dan isolasi panas yang alami. Sehingga, membuatnya sempurna untuk digunakan sepanjang tahun.

Jika Anda tinggal di iklim yang lebih hangat, maka kain seperti katun, linen, atau campuran wol ringan lebih cocok untuk dikenakan. Kain-kain ini bisa membuat kulit bernapas dan beratnya pun ringan, sehingga nyaman untuk dikenakan saat cuaca panas. Jika Anda ingin tampilan yang lebih terstruktur, Anda dapat memilih wol English worsted yang lebih berat.

Pertimbangkan Daya Tahan Kain yang Akan Dipilih

Sekali lagi, apa tujuan Anda memiliki jas bespoke? Jika Anda berencana mengenakan setelan tersebut dalam lingkungan kantor, tentunya Anda menginginkan sebuah jas yang tahan lama dan nyaman. Semua kain di Henri Winata Bespoke memiliki standar kualitas yang tinggi, tetapi kain kashmir, misalnya, tidak akan bertahan sebagaimana wol English yang lebih padat dan berat.

Pertimbangkan Anggaran Anda

Di Henri Winata Bespoke, kami menawarkan pilihan kain yang berkualitas tinggi. Kualitas tinggi tentunya memiliki harga yang juga tidak bisa dibilang murah. Oleh karena itu, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran Anda. Tidak disarankan untuk memilih kain yang paling mahal, tetapi pilihlah yang paling sesuai untuk Anda. Sehingga, Anda tidak membuang-buang uang secara sia-sia.

Bahan Populer untuk Jas Bespoke

Bahan yang digunakan dalam jas Bespoke tentunya sangat beragam. Namun, hal terpenting dari bahan-bahan yang digunakan adalah 100% bahan alami. Hal inilah yang membedakan jas Bespoke dengan jas-jasa lainnya.
Berikut ini kami akan menjelas beberapa bahan populer yang digunakan untuk jas Bespoke, antara lain:

Wool

Sejauh ini, wol telah menjadi bahan primadona dalam dunia jas. Kain wol ideal untuk iklim sejuk karena serat wol dapat menjaga suhu tubuh dengan nyaman. Kualitasnya yang luar biasa dapat membuatnya tidak mudah kusut sehingga cocok untuk acara formal dan menjadikannya pilihan tepat untuk tampil menawan sepanjang hari.

Velvet

Kain velvet dengan kelembutan dan kilauannya, adalah opsi yang lebih formal dan elegan dalam dunia jas Bespoke. Kain ini dapat memberikan kesan mendalam pada setiap pesta makan malam, tetapi sebaiknya digunakan pada acara-acara yang lebih serius atau formal.

Silk

Tentunya bahan ini menghadirkan kemewahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Tidak hanya tahan kusut, silk atau sutra juga mampu menyerap keringat dan membuatnya ideal untuk digunakan pada iklim hangat. Menggunakan jas Bespoke dengan kain silk yang halus dan mewah pastinya dapat menarik perhatian semua orang pada setiap acara.

Kashmir

Kashmir merupakan bahan yang membawa nuansa kemewahan pada level yang berbeda. Kain ini memiliki kualitas tinggi dimana lebih halus dari wol biasa yang memberikan kenyamanan luar biasa. Kain kasmir cocok untuk acara formal, tetapi perlu diingat bahwa kehangatan dan bobotnya mungkin kurang sesuai untuk acara pada iklim tropis.

Katun

Kain katun merupakan pilihan sempurna untuk pakaian jas formal maupun kasual. Ringan, tahan lama, dan memberikan sirkulasi udara yang optimal menjadikan kain ini cukup populer seiring berjalannya waktu.

Linen

Selain katun, kain linen juga merupakan pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan kombinasi bahan ringan dan tahan lama. Linen cocok untuk acara kasual siang hari dimana kemampuan bernapasnya menjadikannya ideal untuk iklim tropis. Namun, perlu Anda ingat bahwa kain linen cenderung mudah kusut, sehingga mungkin tidak cocok untuk perjalanan.

Sebagai seorang perancang jas bespoke, Henri Winata akan membimbing Anda selama proses pemilihan kain untuk jas bespoke Anda. Kami akan menunjukkan pilihan kain yang tepat untuk Anda berdasarkan fungsi pakaian dan anggaran Anda. Tentunya Anda bertanggung jawab penuh atas kain yang Anda pesan, tetapi kami pastikan setiap jas yang dihasilkan memiliki kualitas tertinggi. Henri Winata akan memastikan Anda mendapatkan setelan jas bespoke yang paling sesuai dengan tujuan serta anggaran Anda.